Testimoni by Dzikrilla ‘Rilla’ Qalbi (Part 1)

May 20, 2009

Satu testimoni pertama…..

Nama : Irma Juniati
NIM : 13506088
Tanggal ngobrol2 : 15 Mei 2009

Oke, kak irma adalah salah satu asisten lab basdat dan for now satu-satunya cewe di lab ini. First impression pas liat kak irma ya kyany orangny diem, snyumny dikit2 bner, serius banget, wah pokokny susah lah nih susah ngajak ngobrolnya. Tapi stelah ngobrol, ternyata kak irma itu orgnya friendly, banyak ngomong2 juga, trus buat sharing2 gitu enak, nice lah.

Alasan kak irma masuk lab basdat adalah karna dia ga suka yang kaya’2 RPL ato ngoding. Dan stelah diliat2 ternyata yg lumayan lepas dari semua itu ya Laboratorium Basis Data ini. Menurut kak irma, pas pengenalan lab dulu ya cuma lab basdat yang menarik hati.

Trus pas ditanya pengalaman di basdat apa aja, kata kak irma ya kadang2 dapet tugas dari dosen, ngasistenin mata kuliah, foto2 bareng dosen dan makan2. Menurut kak irma (lagi), enaknya jadi asisten lab ya..

satu, deket ama dosen2 basdat yang ternyata friendly2 bgt..
dua, jadi ada tempat nongkrong aja klo lagi ga ada kerjaan..
tiga, jadi punya tempat ngerjain tugas rame rame yg enak karna AC dingin dan menyala dan klo mau pake lab sampe malem tinggal ngeluarin surat.

Testimoni kedua…

Nama : Shieny Aprillia

NIM : 13505089

Motto hidup : do the best and let God do the rest

Tanggal ngobrol2 : 20 Mei 2009

ya buat yg gatau nih, kak Shieny ini adalah kordas Lab Programming. First impression nya adalah wuih orangny rame nih trus muka2 pinter trus gaul lah ini gaul. Setelah ngobrol2, ya first impression nya ga salah, orangnya emang gitu. Kak Shieny itu enak banget buat diajak ngobrol2 trus sering ktawa2 sendiri klo lagi ngobrol. Pas ditanya kenapa masuk lab Programming ya jawabnya karena suka aja ngoding2 dan udah emang suka programming sejak masih sekolah di SMA St. Aloysius Bandung. Menurut kak shieny, enaknya masuk lab programming adalah jadi eksis, bisa dikenal orang2, dan ada tempat nongkrong (ntah kenapa nongkrong di lab itu asik). Selain sneng2nya, ada juga sedihnya di lab ini. Katanya, terlalu banyak praktikum yang harus diperiksa, bosen ngawas ujian, proyek banyak, pokonya menyita waktu banget lah. Pas ditanya bahasa pemrograman yang paling oke versi kak shieny, jawabannya adalah C++. Ya saya ga bisa komentar juga sih, ga dapet C++ soalnya tapi menurut kak shieny ini bahasa lebih enak dari Java, hmmm. Nah berhubunga saya ga jago coding, saya minta tips belajar programming dan saran dari kak shieny singkat padat dan jelas, “Sering2lah mencoba2 sendiri”.

Hobinya maen basket, main game kecil semacam GameHouse gitu, nonton film, dan tentu saja tiduuurr. Dari kesukaan trhadap game itu, kak shieny pengen bgt someday jadi game developer terkenal. Sampai detik ini dia udah ngebuat beberapa game dan yang paling seru itu ya Academy Express, sebuah game tentang sekolah yang isinya kuis2 ttg pelajaran yg buat anak kuliah juga ga gampang2 amat. Sekarang kak shieny lagi sibuk ama TA dan ngejar lulus Oktober taun ini, doakaann🙂

Testimoni ketiga…

Nama : David Samuel

NIM : 13506081

Motto hidup : the best way to predict the fututre is to invent it

Tanggal ngobrol2 : 20 Mei 2009

Ya siapa yg tidak kenal dengan Davsam? klo ga kenal silakan cari di google, mungkin keluar namanya. Pemenang Imagine Cup 2009 dan mewakili Indonesia ke Mesir awal juli nanti. First impression (ktika diem, ga ngomong apa2) : tampang datar, entah knapa dataaarr sekali. Tapi pas udah ngomong dan nonton mukrab, yeepp, first impression salah total. Kocak banget, rame, dan di open house lab paling “astaga” bgt deh klo dah ngomong.

Pertanyaan pertama, alasan masuk IF adalah karna pihak rektorat ITB yg menentukan sperti itu. Sbnerny pengen masuk EL tapi ntah kenapa tiba2 dapetnya di IF dan dilanjutkan dengan cerita lumayan panjang ttg proses bangkitnya seorang davsam. Berlanjut ke alasan masuk basdat, masuk basdat karena stelah diliat2 yg namanya database itu sangat diperlukan pada software developing, hampir semua yang berhubungan dengan pengembangan dll itu smuanya butuh data dan smuanya itu diatur oleh database ini.  Mnurut kak davsam, enaknya masuk lab basdat ini ya bisa sneng2, ada tempat nongkrong yg AC nyala dan dingin, dapet banyak proyek, trus deket ama dosen2. Ga enaknya cuma satu, males banget meriksain ujian praktikum apalagi klo hasilnya error2 gitu. Mata kuliah yang paling oke menurut kak davsam ya strategi algoritmik karena harus explore2 sendiri gitu trus manfaatnya di dunia tuh lebih nyata aja. Paling males klo disuruh ngoding karena kak davsam itu perfeksionis dan biasanya klo ngoding tuh lamaaa, smuanya dipikirin buat mencapai yg namany perfecto. Hobinya maen voli tapi skrg udah jarang.

Liburan besok ini kak davsam bakalan KP di sebuah software house yg  ada di Bali. Stelah S1, pengennya lanjut S2 di luar negri yang negaranya jauh jauuuh gitu dari indo, contohnya jepang.

Pas ditanya tips biar bisa jadi mahasiswa berprestasi dan pemenang imagine cup, jawabannya adalah ikutilah smua ksempatan yang ada. Dari ikut smua itu tuh kita bisa punya koneksi kemana2 trus klo dah gitu kan gampang nih kdepan2nya. Dan coba berpikir secara global apalagi buat yg mau jadi mahasiswa berprestasi di ITB.

akhir kata, pesan dari kak davsam buat smua calon basdat-ers : tetap semangat!!

Testimoni Keempat…

the next part will be soon published, thankss..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: